Apa itu ransomware dan cara agar terhindar dari ransomware

Seiring berkembangnya teknologi semakin berkembang juga cyber crime atau kejahatan dunia maya. mulai dari penyebaran hoax, infeksi virus, malware dan peretasan tak bertanggung jawab, sungguh hal itu sangat merepotkan dan sekaligus merugikan.

pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu cyber crime atau kejahatan dunia maya. yaitu infeksi virus tepatnya kita akan membahas virus ransomware yang akhir-akhir ini viral & trending di dunia cyber hacking. nah kita akan  membagi ulasannya dalam beberapa opsi. langsung aja disimak definisi, ulasan dan penjelasannya.


Apa itu Ransomware.?

Dikutip dari wikipedia.org Ransomware (pemeras) adalah jenis perangkat lunak (software) perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data hingga tebusan dibayar.

Sedangkan menurut admin Ransomware adalah sebuah virus jahat yang bisa mengencrypt (mengunci) suatu file atau data dalam komputer sehingga menyebabkan file tersebut terkunci.

Untuk mengembalikan seperti semula korban harus membayar uang tebusan kepada pengendali ransomware, namun bisa juga diatasi dengan menderypt (membuka) file yang terkena ransomware. biasanya dilakukan oleh teknisi profesional.

Bagaimana cara agar terhindar dari ransomware?


1. Melakukan backup data

Data merupakan suatu hal yang sangat berharga dan akan sangat merugikan jika data-data penting diretas atau hilang begitu saja. nah backup data sangatlah penting entah itu bagi perusahaan atau pun individu.

2. Mengupdate sistem operasi (Operating System)

Melakukan update sangatlah penting bagi suatu komputer. agar keamanan komputer bisa tetap terjaga maka rajinlah melakukan update sistem operasi dan juga aplikasi.

3. Mengaktifkan filter spam di email

Sekarang makin marak terjadi scam dan bahkan peretasan melalui email. dengan mengaktifkan filter spam pada email kita senantiasa bisa memilah mana email yang penting dan mana yang tidak penting.

4. Menontaktifkan file sharing

Jangan pernah memberikan akses penuh kedalam suatu jaringan hal itu bisa saja peretas masuk dan menyisipkan ransomware.

5. Menginstall anti virus

Pasang lah anti virus yang bisa mendeteksi keberadaan virus ransomware secara akurat pada perangkat.

6. Berhati hati saat mendownload sesuatu

Jangan pernah memberikan akses download jika hal itu mencurigakan. sekarang juga banyak penyisipan virus-virus ransomware pada iklan pop up dan itu sangatlah meresahkan. agar terhindar dari iklan gunakan lah browser yang bisa memblokir iklan, seperti opera mini dan sebagainya.

Nah temen-temen itulah ulasan singkat mengenai virus ransomware dan tips agar terhindar dari virus tersebut. gunakanlah internet se smart mungkin. oke sampai jumpa di pertemuaan selanjutnya.
    

Post a Comment

0 Comments